Sebagai Pengunjung Yang Baik, Tidak Ada Salahnya Meng-KLIK Iklan Yang Ada Pada Blog Ini. Untuk Menjaga Keutuhan Blog Ini. Terima Kasih

Saturday, August 11, 2012

Cara Merawat Baterai Leptop


Baterai laptop sangat penting sekali, terutama bagi orang yang memiliki kesibukan yang tinggi, dan mewajibkan membawa leptop kemana saja. saya membagikan beberapa tips dalam melakukan perawatan terhadap baterai leptop anda.

1. Gunakan cooling pad. Cooling pad dapat membantu meredam suhu laptop yang panasterutama pada bagian baterai agar tidak menjadi panas. Usahakan cari yang arah anginnya meniup dari bawah ke atas.

2. Laptop pada zaman sekarang sudah canggih. Jadi, misalkan leptop sedang dicharge terus sampai penuh, leptop tersebut akan memutus arus dengan sendirinya. Jadi tidak perlu dicabut adaptornya (Tergantung teknologi leptop yang digunakan).

3. Jika leptop tidak dipakai dalam waktu yang lama, baterai laptop sebaiknya disimpan. Simpan di dalam plastik kering, dan di tempat yang sejuk. dapat juga disimpan didalam silica gel untuk mencegah kelembaban.
4. Jangan simpan laptop atau batere laptop di dalam mobil yang terkena sinar matahari. Ini dapat mempengaruhi kinerja laptop dan baterainya.

5. Kalibrasi baterai laptop minimal sebulan sekali. Cara kalibrasi adalah pakai baterai laptop sampai kira-kira tersisa 10 – 15%, lalu charge sampe penuh. Hal ini akan menggerakkan seluruh sel-sel yang ada di dalam baterai, sehingga kondisinya selalu prima.
6. Baterai atau leptop jangan terbentur atau terjatuh. Jangan juga disimpan/ditindih benda berat, karena akan rentan terhadap arus pendek/korslet sehingga menyebabkan overheating.
7. Jangan terkena air. Walaupun nantinya kering dan bisa dipakai lagi, jamur dan korosi akan menggerogoti fisik si baterai itu sendiri. Sehingka memungkinkan baterai mengalami hubungan arus pendek.

8. Selalu pakai baterai dan charger original. Karena kualitasnya lebih terjamin.

9. Jika sedang menggunakan leptop tanpa baterai, usahakan tegangan listrik stabil. Cara mengetahuinya dengan menggunakan stabilizer. jika tidak ada stabilizer, sebaiknya baterai dipasang saja. Harga baterai tidak sebanding dengan kerusakan laptop. Lebih baik pakai UPS, maka saat  listrik tiba-tiba padam, laptop masih hidup dan kita masih dapat shutdown.
10. Kalau laptop sering di on-offkan, sebaiknya tidak perlu dimatikan, lebih baik menggunakan mode sleep. Karena tenaga yang diperlukan pada saat laptop menyala itu lebih kecil dibandingkan waktu pertama leptop dinyalakan.
____
Sekian Tips Dari Saya, Semoga Bermanfaat
dan Jangan Sampai Menyesal.

Trimzz

No comments:

Post a Comment

Berikalah Komentar yang Selayaknya, Agar Baik Jika Dibaca.
Pemberian Komentar Tidak Dibatasi, Berikan Saran, atau Permintaan.

*Jika Anda Tidak Memiliki OpenID, Anda Bisa Berkomentar Via Facebook, Kolomnya Tersedia Dibawah Kolom Komentar OpenID*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...