Sebagai Pengunjung Yang Baik, Tidak Ada Salahnya Meng-KLIK Iklan Yang Ada Pada Blog Ini. Untuk Menjaga Keutuhan Blog Ini. Terima Kasih

Friday, August 10, 2012

Cara Mengatasi Mata, Karena Kelamaan Didepan PC

Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual. jadi Mata harus dijaga baik baik karena mata adalah jendela hati dan alat hipnotis. Mata yang bagus adalah mata yang sehat dan tidak lelah. Karena, jika mata kelelahan, konsentrasi melihat objek pun akan berkurang dengan drastis. Gangguan yang paling sering dijumpai pada kebanyakan pengguna komputer dan pecandu televisi, adalah gangguan mata lelah. Gangguan mata lelah seringkali disebabkan terlalu sering nonton televisi atau menggunakan komputer berjam-jam lamanya. Hal ini disebabkan oleh otak yang terus menerus fokus terhadap satu titik, membuat otot otot di sekitar mata berkontraksi terus tanpa relaksasi. Akibatnya kita menjadi pusing, susah fokus dan tidak dapat melihat dengan jelas.
http://tobingcrew.blogspot.com


Beberapa cara untuk mengatasi gangguan mata lelah :
1. Istirahatkan Mata
Jangan terus terusan melihat layar komputer, lihatlah objek-objek lain seperti lemari, rak buku, gambar-gambar yang terpampang didinding atau mata orang disekitar anda. Lakukan setidaknya setiap 30 menit sekali. Sehingga otot mata diberikan waktu untuk istirahat sejenak. Seperti manusia, otot mata pun perlu istirahat.

2. Jaga Jarak Dengan Layar Komputer
Hati-hati, jangan terlalu dekat dengan layar komputer. Mata bisa jadi menjuling. Dan semakin dekat kita dengan layar, maka radiasi yang dipancarkan layar komputer itu jadi semakin besar. Sehingga membuat otak anda semakin pusing (khusus monitor CRT, jika memakai LCD agak lama tidak masalah).
3. Sering seringlah Berkedip
Tiap berkedip, bola mata akan dibasuh oleh air mata dari kelenjar air mata. Sehingga mata tidak akan kering. Kebanyakan gangguan mata ringan seperti mata lelah, kemasukan debu dan mata kering dapat diatasi dengan banyak banyak berkedip. Menangis juga dapat membantu, yaitu dapat mengeluarkan debu-debu yang masuk kedalam mata. 

4. Pijat Daerah Sekitaran Mata
Lakukan dengan perlahan-lahan agar otot-otot sekitar mata bisa berelaksasi. Seperti orang yang kelelahan sehabis berlari 1000 km, biasanya dia ingin dipijit agar ototnya tidak keram.

5. Kompres dengan Kentang atau Sejenisnya
Iris kentang sehingga bagian dalamya terbuka. Kompreskan pada mata sekitar 5 - 10 menit. Cara ini diyakini dapat membantu mata segar kembali.

6. Imbangi dengan olahraga
Para pecandu komputer atau televisi setidaknya melakukan olahraga rutin sesuai waktu yang dianjurkan yaitu 45 menit sehari. Karena, mata lelah tetapi badan harus tetap segar.

7. Pasang Filter pada Layar Komputer
Untuk monitor berjenis CRT, anda sebaiknya memasang filter pada layar komputer anda, agar radiasi yang dipancarkan dapat berkurang.

8. Banyak Memakan Buah Bervitamin A
Vitamin A, dapat memperbaiki sistem kerja mata, sehingga dapat mencegah mata agar tidak mudah rusak. contoh buahnya wortel (dapat dimakan langsung atau di jus).

9. Teteskan Obat Mata Jika Sudah Memerah
Obat tetes mata sangat berguna untuk mengurangi mata merah. Lihatlah indikator di label obat tetes mata tersebut.

10. Mengatur Kecerahan Monitor
Ada baiknya anda mengatur tingkat kecerahan monitor sesuai dengan kapasitas cahaya pada ruangan yang anda pakai, agar cahaya yang masuk ke mata seimbang
_____
Sekian Tips Dari Saya,
Semoga Mata Anda Baik-Baik Saja, Jangan Sampai Terlambat.

Trimzz

No comments:

Post a Comment

Berikalah Komentar yang Selayaknya, Agar Baik Jika Dibaca.
Pemberian Komentar Tidak Dibatasi, Berikan Saran, atau Permintaan.

*Jika Anda Tidak Memiliki OpenID, Anda Bisa Berkomentar Via Facebook, Kolomnya Tersedia Dibawah Kolom Komentar OpenID*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...